Alur Tahapan Seleksi Pendaftaran Online Anggota Polri 2017, 2018, 2019, 2020

Perhatian ! :
  • Mohon untuk selalu mengecek tgl EXPIRED lowongan ( lihat bag. bawah tata cara pendaftaran ) karena apabila lamaran melebihan tgl tersebut otomatis lamaran ditolak.
  • Kami tidak pernah meminta imbalan atau biaya dalam bentuk apapun terhadap rekrutmen disitus ini apabila ada pihak yang mengatasnamakan kami atau perusahaan meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau yang lainnya bisa dipastikan itu PALSU.
Lokercpns.net - Alur Pendaftaran Online Anggota Polri 2017 -- Proses  Pendaftaran Polri  sampai Penentuan Akhir (Pantukhir) hingga tahapa menjadi  Calon Anggota Polri, Seleksi Anggota Polri, dan Mekanisme Pendaftaran dan Prosedur Pendaftaran Beserta seleksi Calon Anggota Polri. 2019. 2020.

Bagaimana sih, Alur pendaftaran dan seleksi anggota polri 2017? pasti anda ingin mendaftar sebagai calon anggota polri yah, untuk mengetahui informasinya lihat infonya dibawah ini:

Alur seleksi anggota polri ini berproses dari awal pendaftaran melalui online hingga tiba pengumuman tahap kelulusan terakhir, Langkah awal yang harus diikuti  dalam pendaftaran adalah browsing informasi terkait dengan serba-serbi pendaftaran dan alur nya, anda sudah ditempat yang tepat karena kami akan membahas sebuah informasi terkait dengan alur pendaftaran polri yang dilakukan secaa online di ebsite resmi yang beralamat di www.penerimaan.polri.go.id



Selanjutnya anda bisa memilih dengan kriteria anda, jika anda hanya memiliki ijazah SMP anda bisa memilih jalur seleksi Tamtama, dan jika anda memiliki ijazah SMA bisa memilih jalur Akpol, agar anda bisa cepat untuk lanjut kepangkat jadi jendral anda bisa pilih Akpol karena lulusannya akan mendapatkan pangkat Inspektur satu atau IPDA seperti jalur ijazah Sarjana Muda bisa mendaftar SIPSS, dan kemudian anda bisa langsung ke tingkat pusat khusus, dan untuk selanjutnya yang memiliki ijazah SMA bisa memilih jalur masuk Ke Bintara.

Nah, kami akan memberikan penjelasan secara rinci dan selengkapnya seperti dibawah ini:

1. Pendaftaran Polri Secara Online.
a. Bagi calon peserta  dapat didaftar melalui website resminya polri di penerimaan.polri.go.id
b. Anda bisa memilih pendaftarannya dengan menekan tombol daftarnya.
c.  Setelah itu, website resmi polri akan menyediakan form registrasinya dengan data-datanya yang sebenar-benarnya baik nama, alamat dll, setelah itu jangan lupa untuk mencatatnomer registrasi dan passwordnya untuk dilakukan login perubahan data dan mengecek biodata pendaftaran. Anda benar-benar menyimpan login dan password.
d.  Setlah itu anda bisa angsung mencetak biodatanya dengan cara ngeprint yang digunakan untuk melakukan tahapan selanjutnya menuju tahap verifikasi ke Polda.
e. Selanjutnya anda dapat mengunduh berkas-berkas dalam ketentuan persyaratannya dalam bentuk Microsoft Word.

2. Tahap selanjutnya adalah verifikasi di Polres yang dilanjutkan ke Polda  yang mana anda diwajibkan untuk membawa beberap dokument yang telah ditentukan oleh panitia seleksi untuk tahap seleksi pemeriksaan Adminstrasinya.

3. Tahap ketiga ada pada tahapan seleksi Administrasi Awal yang dilaksanan di Polres dan Polda, apakah anda benar-benar sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh kepolisian republik Indonesia.

4 Tahap Pakta Integritas.
Dalam tahapan ini seorang calon anggota polri harus menandatangani dalam pengucapan akta Integritas yang dilakukan di Polres maupun Ollda yang dilaksanakan Oleh Panitia Bantuan Penerimaan Polri atau (PANBANRIM)

5. Pemeriksaan Adminsitrasi Awal di Polda Oleh Panitia Daerah.

Jika anda mendaftar di Jawa Timur, anda dituntut untuk melakukan pemeriksaan Administrasi Awal di Polda Surabaya, berbeda dengan pemeriksaan awal yang dilakukan di Polres atau di Kabupaten anda.

6. Tahapan ke Enam adalah pada tahap pemeriksaan Kesehata atau rikes tahap pertama yang dilaksanakan oleh tim tenaga medis khusus bagi calon pendaftar baik dari siswa Tamtama, Brigadir, Akpol dan SIPSS.

7.  Tahapan pemeriksaan test Psikologi
Dalam hal ini seorang calon anggota polri harus ditest psikologinya pada tingkat daerah seara tertulis sedangkan untuk pelaksanaan test ini ertujuan untuk mengungkap karakteristik seseorang melalui pengumpulan dan pengolahan datanya. Untuk SIPSS dan Akpol Test Psikologi ini jika lulus Test pada tingkat daerah mereka diwajibkan untuk mengikuti test ada tingkta pusat dengan metode yang berbeda yaitu dengan metode wawancara.

8. Tahapan setalh test psikologi dengan jalur tulis ini dilanjutkan dengan uji test akademik  yang dilakukan terhadap pelamar atau calon seleksi anggota polri untuk mengukur kemampuaannya baik itu untuk calon siswa Brigadir, tamtama, SIPSS maupun untuk Akpol.

9. Tahap seanjutnya adalah test pemeriksaan Kesehatan  dalam atau pemeriksaan organ dalam dengan menggunakan pengecekan laboratorium.

10. Bagi yang lolos tahap kesehatan maka dilanjutkan ke tahap Uji kemampuan jasmani atau kesamaptaan A, B, renang dan anhtopometri.

11.  Nah, setelah tahap test seleksi fisik, maka panitia akan memeriksa penelusuran Mental Kepribadian.
Penelusuran mental ini akan dilakukan secara terus menerus oleh Fungsi peminal dengan mempertimbakan ketentuan kelulusan baik dari atar belakang calon dan riwayat calon pendaftar polisi untuk dapa melanjutkan pendidikan.

12. Pemeriksaan Administrasi Akhir yang dilaksanakan untuk melakukan cekking ulang kelengkapan administrasi pendaftar sehingga tidak ada yang salah dengan pendaftar.

13. Sidang Lulus Sementara
Bagi yang dinyatakan Lulusa maka akan dilakukan sidang kelulusan sementara Akhir untuk Brigadir Polri maupun Tamtama olri dan untuk ditingkat daerah bagi Akpol dan SIPSS.

14 Supervisi dari Pusat
Supervisi akan dilakukan oleh kunjungan dari pusat untuk pengecekkan data administrasinya selama hasil seleksi untuk tingkatan yang berada di Daerah.

15. Adalah singan Pantukhir baik untuk Tamtama, Brigadir Polisi, Akpol dan SIPSS.

16. Bagi  Calon taruna Akpol dan Siswa SIPSS setelah lulus ditahapan Seleksi tingkat Daerah maka mereka harus ada tahapan terakhir untuk seleksi ditingkat pusatnya adapun alur seleksi anggota polri tingkat pusat adalah sebagai berikut ini:

1.  Menandatangani Pakta Integritas

Bagi calon pendaftar dari SISS dan Akpol  yang sudah lulus seleksi tingkat daerah atau secara resmi dinyatakan lulus antukhir tingkat daerah harus , menandatangani dan mengucapkan Pakta Integritas tingkat Pusat.

2. Pemeriksaan Administrasi Awal

Nah, Bagi anda yang sudah menyiapkan dokument resminya yang sudah digunakan di tingkat daerah, dokument  anda juga akan diperiksa di tingkat pusat
3. Pemeriksaan Kesehatan tahap I, II dan Kesehatan Jiwa

Pemeriksaan kesehatan bukan hanya dilakukan ditingkat daerah melainkan akan dilaksanakan ditingkat pusat  dengan materi pemeriksaan meliputi tahap I dan tahap II dan kesehatan jiwa

4. Pemeriksaan Psikologi & Penelusuran Mental Kepribadian (wawancara)
Penelusuran mental kepribadian yang akan diaksanakan di tingkat pusat ini akan menggunakan metode wawancara yang bergunan untuk mengumpulkan data sikologi

5. Pemeriksaan Uji Akademik

Berbeda dengan lulusan tingkat SMA, yang mana ujian akademik pada  tingkat pusat akan menggunakan materi  TPA (Tes Potensi Akademik) dan TOEFL.  Yang mana Pelaksanaan ujian sudah menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).

6. Uji Kemampuan Jasmani & Pemeriksaan Anthropometri

Hampir sama dengan uji test di tingkat daerah untuk Tamtama dan Brigadir yang juga mengadakan ujian kesamaptaan jasmani, dengan materi yang diujikan hampir sama yaitukesamaptaan A, kesamaptaan B, renang dan anthropometri.

7. Pemeriksaan Penampilan

Nah, ini berbeda dengan pemeriksaan ditahap tamtama dan brigadir seorang akpol dan SIPSS  juga melakukan pemeriksaan pada penampilan

8. Sidang Penetapan Kelulusan Tingkat Pusat

Nah adapun untuk sidang pengumuman kelulusan tingkat Pusat diharuskan untuk menjalankan pendidikan dengan lulusan dengan pangkat IPDA


Itulah Alur Pendaftaran dan Seleksi Anggota Polri sehingga anda tidak menerawang lagi bagaimana alur pendaftarannya yah!!!

NB : Nah, Apabila ada perubahan informasi yang kami tulis diatas, dan tulisannya sudah berubah, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Penerimaan Polri.

Demikianlah informasi tentang alur pendaftaran seleksi anggota polri, semoga anda dapat lolos seleski dan menjadi anggota polri dan dapat melalui tahapan demi tahapan ujian yang telah ditentukan oleh panitia dengan baik dan lancar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alur Tahapan Seleksi Pendaftaran Online Anggota Polri 2017, 2018, 2019, 2020"

Posting Komentar