Pendaftaran CPNS Melalui Penerimaan Online IPDN 2017.2018.2109.2020

Perhatian ! :
  • Mohon untuk selalu mengecek tgl EXPIRED lowongan ( lihat bag. bawah tata cara pendaftaran ) karena apabila lamaran melebihan tgl tersebut otomatis lamaran ditolak.
  • Kami tidak pernah meminta imbalan atau biaya dalam bentuk apapun terhadap rekrutmen disitus ini apabila ada pihak yang mengatasnamakan kami atau perusahaan meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau yang lainnya bisa dipastikan itu PALSU.
spcp.ipdn.ac.id 2017 -- Pendaftaran IPDN, Seleksi Calon Praja IPDN, Penerimaan IPDN, Peneriman Calon Praja IPDN, Pendaftaran Online SPCP CAPRA IPDN, Penerimaan  SPCP CAPRA IPDN, Cara Pendaftaran Online IPDN, Info Pendaftaran Online IPDN, Syarat Pendaftaran Online IPDN, Institut Pemerintahan Dalam Negeri. 2019. 2020.

IPDN- Masih ingatkah dengan kasus pemukulan kakak kelas ke adik kelas dalam perpeloncoan pengenalan kampus yang duu terpopuler, namanya sebum diganti ke IPDN saat itu adalah STPDN ya itu Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri yang kini menjadi IPDN. Mau tau info selengkapnya terkait dengan IPDN?


Sekilas Info IPDN

Perguruan tinggi kedinasan ini sangat dikenal dengan sebutan IPDN atau kepanjangan dari Institut Pemerintah Dalam Negeri yang berada di bawah naungan kementerian dalam negeri republik indonesia. Dahulu memang  dikenal dengan nama STPDN karena adanya penggabungan program studi Ilmu pemerintahan sekarang dikenal dengan IPDN.

IPDN merupakan sebuah lembaga pengkaderan dalam mempersiapkan calon-calon kader pemerintahan yang berada  pada tingkat pemerintah daerah kabupaten maupun tingkat kecamatan ataupun tingkat pusat.  IPDN sendiri beridir pada tahun 2004 yang dapat anda lihat pada lambang lembaga, IPDN sendiri berpusat  di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat  dan kini telah memiliki beberapa cabang-cabang IPDN yang tersebar di Indonesia, seperti IPDN Riau, IPDN Jakarta, IPDN Manado, IPDN Makassar, IPDN Sulawesi, IPDN Jayapura dan beberapa cabang lainnya.



Beberapa hal terkait dengan pendaftaran online ipdn, bisa anda simak proses dan tahapan-tahapannya dan berikut serangkaian persyaratan yang harus dienuhi sebelum anda mendaftarkan online di website resmi ipnd di spcp.ipdn.ac.id seperti berikut ini:

Persyaratan Umum
1. Pelamar bersatus kewarganegaraan Indonesia.
2. Bagi pelamar telah berukur 16 tahun minimal dan batas usia maksimalnya adalah 21 tahun.
3. Tata terhadap perintah dan keyakinan agamamasing-masing
4. Belum pernah berbuat tindak kejahatan, baik tindak pidana narkoba dan lainnya yang dapat dibuktikan melalui Surat Keterangan Berkelakuan Baik.
5. Sehat jasmani dan Rohani.
6. Tidak bertato dan tidak ada bekas luka tinfik dan lainnya
7. Belum pernah menikah saat pelamar melakukan pendaftaran
8. Bersedia untuk tidak menikah selama masa pendidikan berlangsung
9. Bersedia untuk ditempatkan di seluruh pelosok tanah air Indonesia jika anda dinyatakan lulus

Adapun persyaratan Administrasi yang harus dipersiapkan antara lain adalah sebagai berikut ini:
1. Memiliki ijazah Sekolah Menegah Atas (SMA) ataupun Madrasah Aliyah (MA) atau sedrajad dengan ketentuan nilai yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut ini:
   - Memiliki nilai rata-rata STTB minimanya 7 untuk pendaftar lulusan dari 3 tahun sebelumnya.
   - Terkhusus untuk nilai UN dan tamat belajar dari provinsi Khusus Papua dan Papua barat minimal pendaftar harus memiliki nilai 6,5 pada tahun kelulusan 2014 sampai dengan 2017.
2.  Nah, untuk adminstrasi selanjutnya yang dikira perlu sekali adalah Kartu Tanda Penduduk Bagi yang sudah berumur 17 tahun dan bagi yang dibawah 17 tahun harus menggunakan kartu keluarga dan Akta kelahiran.
3. Untuk yang masih belum lulus pada tahun ini bisa menggunakan raport ataupun surat keteran dari kepala sekolah.
4. Harus memiliki pas foto yang berukuran 4x6.

Alur Penerimaan IPDN.
Tahapan seleksi penerimaan capra IPDN dengan beberapa langkah dan urutan sebagai berikut yang dimulai dari.
1. Pendaftaran online IPDN yang dilakukan di website resmi IPDN dan anda wajib memiliki email
2. Setelah anda mendaftarkan onlin, bisa mengumpulkan berkas-berkasnya di BKD Pemda Daerah dan anda harus menunggu seleksi Adminsitrasi Capra IPDN.
3. Setelah berkas anda diverifikasi dan Lolos, anda berhak untuk Ujian Test Kompetensi Dasar (TKD)
4.  Setelah test TKD berakhir anda diwajibkan test kesehatan di Provinsi.
5. Test Psikologi, Kejujuran dan Integritas
6. Penerimaan Peserta tahap akhir atau sering disebut dengan Pantukhir.
7. Verifikasi Faktual Dokument
8. Test Kesehataan Nasional
9. Test Kesamaptaan
10. Test Wawancara

Tata Cara Pendaftaran IPDN
1. bagi anda yang akan melamar sebagai capra silahkan anda mendaftarkan diri secara online di portal resminya di panseldikdin.menpan.go.id
2. setalah anda daftar online, anda akan mendapatkan password dari apnselnas.
3. selanjutnya anda diharap mendaftarkan langsung di websiteresmi IPDN yang beralamat di http://spcp.ipdn.ac.id, dimana passwordnya, anda dapat menggunakan password dari panselnas untuk  meengisi formulir yang dibutuhkannya secara scanning upload.
4.  Apa saja dokument yang harus anda scan, dokument itu adalah sebagai berikut:

  • - Scanning KTP asli bagi peserta yang sudah memilikinya bagi yang belum harus menscaning kartu keluarga dengan format jpg. di compress maksimum 500 kb dan lebih baik kurang.
  • - Scanning Ijazah atau STTB dengan format Pdf maksimum  datanya sebesar 1 MB.
  • -  Bagi yang masih belum memiliki ijazah silahkan anda scanning kartu peserta ujian nasional bagi keas 3
  • -  Pasfoto yang berukuran 4x6 bukan hitam putih melainkan pasfoto berwarna dengan format jpg maksimum data sebesar 500 kb.

5. Apabila pelamar tidak mengupload data diatas maka akan dianggap gugur.

Jadwal Pekasanaan Pendaftaran IPDN.
- Pendaftaran onlin IPDN biasanya pada bulan maret sampai dengan april
- Pelaksanaan TKD biasanya dilaksanakan pada bulan Mei
- Pelaksanaan Test Kesehatan Provinsi biasanya juga dilakukan pada bulan Mei
-Pelaksanaan Test Kejujuran, Psikologi, Integritas biasanya dilakukan pada bulan Juni
- Penerimaan pantukhir akan dilaksanakan pada bulan juli
- Anda dapat melihat jadwal lengkapnya setiap tahun pada website resmi.

NB: Semua kegiatan mulai dari tahap pertama sampai dengan tahap terakhir tidak dipungut biaya, dan anda harap berhati-hati kepada pihak yang mengatasnamakan panitia untuk menipu dan mengirimkan sejumlah uang

Catatan penting: Jika ada perubahan ataupun perbedaan informasi maka yang harus anda jadikan refrensinya adalah dari website resmi IPDN

Silahkan Baca Juga:



Demikianlah sedikit rangkuman informasi terkai  Pendaftaran Online IPDN yang dapat kami sampaikan semoga anda dapat lulus seleksi masuk IPDN, dan bagi anda yang memerlukan bacaan terkait dengan buku panduan silahkan anda hubungi kami. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pendaftaran CPNS Melalui Penerimaan Online IPDN 2017.2018.2109.2020"

Posting Komentar